7 Tips Untuk Pemula Dalam Meningkatkan Rank Situs Dan  Cara Mengoptimasi Seo Blog

7 Tips Untuk Pemula Dalam Meningkatkan Rank Situs Dan Cara Mengoptimasi Seo Blog

7 Tips Untuk Pemula Dalam Meningkatkan Rank Situs Dan  Cara Mengoptimasi Seo Blog
7 Tips Untuk Pemula Dalam Meningkatkan Rank Situs Dan  Cara Mengoptimasi Seo Blog

Apa Stand SEO Untuk? (+ 7 Tips Pemula untuk Memberi Peringkat Situs)

Jadi Anda pernah mendengar tentang SEO, tetapi Anda tidak yakin apa artinya. 
Atau mungkin Anda tidak yakin bagaimana itu dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

SEO adalah tugas pemasaran utama untuk situs web apa pun.

Dan jika Anda baru mengenalnya, hal itu terasa asing dan menggiurkan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari SEO, penting untuk memahami apa itu Seo, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa itu bisa membantu Anda dalam mengopitimasi situs Anda.

Apa Itu "SEO"? Apa Artinya ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization.
Ini adalah topik yang hangat diperdebatkan dan ada BANYAK konten yang ditulis tentang seputar mengulas Seoo secara online:
Apa Artinya SEO Stand: SERPs
SEO dalam SERPs

Mari kita jelajahi lebih detail agar anda lebih faham lagi:

Apa itu SEO?

SEO adalah proses meningkatkan situs web Anda sehingga peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari untuk kata kunci tertentu. Biasanya orang fokus tampil di Google, tetapi ada juga Bing.
Ini semua tentang membuat pengguna mengunjungi situs Anda tanpa membayar iklan secara langsung. Oh, dan ini adalah disiplin pemasaran yang sangat menyukai akronim:
  • SERP - halaman hasil mesin pencari
  • RKT - rasio klik-tayang
  • CTA - ajakan untuk bertindak
  • CRO - optimisasi tingkat konversi
  • UX - pengalaman pengguna

Mengapa Anda Peduli Tentang SEO (Petunjuk: Lalu Lintas Gratis ke Situs Anda)

Penelitian menunjukkan bahwa situs web di halaman pertama Google menerima mayoritas klik. Jumlah orang yang mengklik situs web (CTR) di Google terus menurun semakin jauh ke halaman yang mereka peringkat.
Apa Artinya SEO Stand: studi CTR
Studi RKPT

Jika SEO Anda benar (kami akan melihatnya sebentar lagi), lalu lintas organik Anda dapat meningkat seiring waktu , sedangkan iklan berbayar membutuhkan dana berkelanjutan.

Dan mengingat bahwa mesin pencari mendorong 93% dari semua lalu lintas situs web, itu adalah banyak potensi kunjungan ke situs Anda.

Setiap hari Google semakin pintar dan maju. Tetapi masih membutuhkan bantuan.

Memahami SEO dan mengoptimalkan situs Anda akan membantu Anda memberikan mesin pencari informasi yang mereka butuhkan, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan.


SEO mendorong 93% dari semua lalu lintas situs web! Tapi apa arti #SEO? Di mana Anda harus mulai mengoptimalkan dan memberi peringkat situs Anda lebih cepat? Dapatkan panduan mendalam kami dengan tips yang dapat ditindaklanjuti!

SEO selalu berubah.
Ketika mesin pencari menjadi lebih maju dan algoritma berubah, beberapa taktik berhenti berfungsi dan yang baru muncul.

Tapi satu hal yang tersisa: SEO adalah salah satu sumber lalu lintas jangka panjang terbaik. Ini bisa jadi kerja keras dan Anda mungkin tidak melihat banyak manfaat dalam semalam, tetapi sekali lagi ini adalah investasi jangka panjang.

SEO adalah maraton, bukan lari cepat . Beberapa pekerjaan di muka dapat menghasilkan lalu lintas organik di kemudian hari.

Grafik peningkatan SEO
Grafik peningkatan SEO

Sementara iklan berbayar, media sosial, dan saluran berbayar lainnya dapat memperoleh lalu lintas ke situs Anda secara instan jika Anda berhenti membayar lalu lintas juga berhenti. SEO, di sisi lain, dapat menjadi sumber lalu lintas yang berkelanjutan.

Dasar-Dasar Mesin Pencari (Dan Cara Berpikir Tentang SEO)

Mesin pencari dirancang untuk menemukan informasi dan memberikan jawaban.
Ketika datang ke cara pendekatan pencarian, Google melihat jutaan halaman web untuk menghasilkan informasi yang paling relevan bagi pengguna.


Kiat SEO dari Google
Kiat SEO dari Google

Cara Berpikir Tentang SEO

Mengetahui bahwa Google ingin memberikan jawaban terbaik untuk permintaan pengguna, ada tiga aturan yang dapat kita ingat ketika menangani SEO:
  • Aturan 1: Google adalah untuk menjawab pertanyaan orang.
  • Aturan 2: Google tahu lebih banyak dari kami dan pakar SEO.
  • Aturan 3: Google ingin jawaban bukan trik peringkat.
Jadi apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan situs peringkat Anda?
Jawab pertanyaan lebih baik daripada siapa pun di Internet. Cobalah untuk tidak terlalu rumit. Dan jangan mencoba menipu Google dengan taktik jangka pendek.
Lihat, SEO itu agak sederhana. :)

7 Dasar-Dasar SEO untuk Pemula

Mudah-mudahan, Anda mulai melihat sekarang bahwa SEO tidak terlalu rumit.
Sebenarnya, ini sangat sederhana. Yah, setidaknya dasar-dasarnya.

Mendapatkan beberapa dasar SEO di tempat dapat membuat perbedaan besar untuk peringkat situs Anda. Lagi pula, kebanyakan orang yang menjalankan situs bukan ahli SEO.

Dengan melakukan beberapa hal dengan benar, Anda akan segera menuju Google untuk mengirimkan lalu lintas kepada Anda dalam waktu singkat.

Kedengarannya bagus? Ayo pergi.

1. Gunakan CMS Friendly Search Engine (Seperti WordPress)

Pertama dan terutama, jika situs Anda tidak dapat dijelajahi oleh Google, itu tidak akan diindeks dan tidak akan diurutkan.

Apa artinya itu sebenarnya?

Google menggunakan crawler otomatis (atau bot) untuk menemukan situs web, mengindeks konten, dan memberi peringkat mereka. Jadi, jika situs Anda tidak dapat diakses oleh perayap ini, situs web Anda tidak akan menemukan jalan masuk ke dalam indeks.


Jika situs Anda tidak diindeks, itu berarti Google tidak akan memberi peringkat situs Anda. Dan jika Anda ingin Google merayapi dan mengindeks situs Anda (dan mengapa tidak melakukannya), ada beberapa hal yang perlu Anda set up sejak awal.

Melakukan/Menerapkan : Teknik Seo.

Jangan tertunda oleh ini. Teknik Seo adalah tentang memastikan situs Anda dimuat dengan benar dan dapat dilihat oleh Google. Persyaratan teknis memang berubah, tetapi kebutuhan untuk membuat situs web Anda dapat diakses oleh crawler Google akan selalu tetap hal yang diutamakan.

Menggunakan WordPress sebagai CMS Anda seperti memberi diri Anda awal ketika datang untuk membuat situs web yang ramah mesin pencari. Ada beberapa plugin SEO yang melakukan pekerjaan berat untuk Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun yang rusak di situs anda.

Berikut adalah beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan di WordPress untuk membantu situs Anda dirayapi dan diindeks:

Buat Peta Situs XML

Peta Situs XML adalah file yang mencantumkan semua halaman di situs web Anda dan terlihat seperti ini:
Peta Situs XML
Peta Situs XML

Peta Situs Anda biasanya berada di yourdomain.com/sitemap.xml.

Jika Anda menggunakan plugin seperti Yoast (seperti pada contoh di atas), membuat sitemap itu sederhana.

Instal plugin Yoast SEO. Pergi ke Umum dan kemudian, di tab di bagian atas pilih Fitur . Dari sini, Anda dapat mengaktifkan peta situs XML dan menyimpan perubahan.


Peta Situs XML dalam plugin Yoast
Peta Situs XML dalam plugin Yoast

Sekarang Anda hanya ingin mengirimkan peta situs ini ke Google Search Console. Jika Anda belum menyiapkan dan memverifikasinya, panduan ini memberi tahu Anda cara melakukannya.

Hasilkan File Robots.txt

Robots.txt adalah file teks yang memberitahu mesin pencari di mana mereka bisa dan tidak bisa masuk ke dalam situs Anda. Ini akan terlihat seperti ini:


Contoh file Robots.txt
Contoh file Robots.txt

Sama seperti sitemap, plugin Yoast dapat menghasilkan Anda file robots.txt.

Di plugin Yoast, buka Tools > Editor file dan Anda akan melihat tombol untuk "Buat file robots.txt."
Meskipun hanya file teks sederhana, tidak mengaturnya dengan benar dapat benar-benar mengacaukan pengindeksan situs Anda. Oleh karena itu layak untuk membaca panduan robots.txt WordPress ini.

Hilangkan Pengaturan "Mencegah Mesin Pencari"

Ini sederhana, tetapi benar-benar dapat bekerja melawan upaya SEO Anda. Ini hanya kotak centang sederhana yang mencegah mesin pencari mengindeks situs Anda.

Ini biasanya digunakan ketika situs sedang dalam pengembangan untuk mencegahnya muncul di Google sebelum selesai. Untuk menemukan ini, buka Pengaturan > Membaca dan gulir ke bawah dan Anda akan melihatnya:
Pengaturan pengindeksan WordPress
Pengaturan pengindeksan WordPress

2. Pastikan Situs Anda Bekerja di Seluler (Desain Responsif Aka)

Jauh di bulan November 2016, Google mengumumkan indeks mobile-first-nya. Ini pada dasarnya berarti bahwa Google akan melihat bagaimana situs web Anda muncul di ponsel terlebih dahulu, sebelum mengindeks dan memeringkatnya.

Lebih sulit untuk memikirkan seseorang yang tidak memiliki smartphone daripada yang memilikinya. Jadi seharusnya tidak mengejutkan mengetahui bahwa lebih dari 51% pengguna ponsel telah menemukan perusahaan atau produk baru saat mencari di ponsel mereka.

Menurut penelitian ini, 52,2% dari semua lalu lintas situs web di seluruh dunia dihasilkan melalui ponsel pada tahun 2018:
Lalu lintas seluler 2018
Lalu lintas seluler 2018 (Sumber gambar: Statista.com)

Ini juga terus meningkat setiap tahun sejak 2009. Terlebih lagi, menurut Google, ada 27,8 miliar permintaan lebih banyak dilakukan pada mobile vs desktop.

Masih perlu diyakinkan? Berikut beberapa alasan lain mengapa Anda memerlukan situs web yang berfungsi di ponsel:
  • Kegunaan situs - Anda ingin orang dapat bergerak di sekitar situs Anda. Begitu juga Google. Desain web responsif memungkinkan orang dengan mudah bergerak, yang mengarah pada peningkatan pengalaman pengguna dan waktu yang menyenangkan di situs. Ini juga salah satu praktik terbaik desain web.
  • Kecepatan halaman - Anda ingin situs Anda memuat dengan cepat (lebih banyak tentang itu nanti).
  • Tingkat pentalan - Seberapa cepat orang meninggalkan situs Anda karena tidak berfungsi dengan baik di perangkat seluler? Ini bukan sesuatu yang Anda inginkan untuk pengguna Anda (atau untuk Google).

Perbandingan lalu lintas untuk Situs WordPress: Desktop vs Mobile vs Everything Else

Ponsel harus menjadi salah satu prioritas tertinggi Anda, tidak ada keraguan. Tetapi apa yang Anda benar-benar harus fokus dan asah, adalah bagaimana pelanggan Anda terlibat dengan situs web Anda (baca: bagaimana mereka membeli dan berlangganan). Dalam penelitian kami terhadap 13 miliar entri log untuk situs WordPress, kami menemukan bahwa:
  • 3,395 miliar permintaan terjadi dari desktop
  • 3,1 miliar permintaan terjadi dari ponsel
  • 1,5 miliar permintaan terjadi dari semua hal lain seperti panggilan API, mesin pencari, crawler, bot, dll.
Desktop vs Seluler vs Lainnya
Desktop vs Mobile vs Everything Else (klik untuk menilik lebih besar)

Pelajaran apa yang harus Anda ambil di sini?

Lihatlah data di Google Analytics dan periksa di mana tepatnya tujuan penting Anda tercapai. Jangan abaikan pengguna Anda hanya membuat SEO Anda bergantung pada beberapa berita yang Anda baca di beberapa blog yang mengatakan bahwa lalu lintas SEO sekarang semua tentang menjadi mobile.

3. Dapatkan Sertifikat SSL

Sertifikat SSL (Lapisan Soket Aman) adalah file kecil yang dipasang di server web yang bertindak sebagai langkah pengamanan untuk situs web.

Setelah diinstal, mereka akan mengalihkan HTTP Anda ke HTTPS dan mengaktifkan simbol gembok di browser:
SSL di Chrome
SSL di Chrome

Ini adalah gambaran yang sangat sederhana tentang cara kerja SSL. Yang penting untuk diketahui tentang SEO adalah memiliki situs yang aman sebenarnya merupakan faktor peringkat.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan hubungan positif antara HTTPS dan peringkat yang lebih tinggi:
Penggunaan HTTPS
Penggunaan HTTPS (Sumber gambar: Backlinko.com)

Google, dan berbagai browser utama lainnya, telah mengungkapkan bahwa mereka akan mencela dukungan untuk TLS 1.0 dan TLS 1.1. Secara khusus, mereka akan menampilkan pemberitahuan peringatan ERR_SSL_OBSOLETE_VERSION yang menunjukkan koneksi "tidak aman".

4. Pastikan Anda Memiliki Hosting yang Cepat dan Andal

Memilih web hosting yang tepat (lihat cepat dan dapat diandalkan) dapat berdampak besar pada SEO Anda.

Pernahkah Anda mengunjungi situs web yang membutuhkan waktu lama untuk memuat? Jujurlah, apakah Anda menunggu atau meninggalkan?

Waktu buka situs web Anda adalah faktor peringkat yang penting karena tidak ada yang mau menunggu selamanya untuk memuat halaman web. Kemungkinannya adalah, jika Anda menemukan diri Anda dalam situasi seperti ini, Anda menekan tombol kembali dan pergi ke tempat lain.
Google tahu orang-orang melakukan ini.

Hosting berperan besar dalam kecepatan memuat halaman. Anda harus memilih host yang dapat memberikan kecepatan yang baik jika Anda peduli tentang SEO sama sekali.
Ada beberapa faktor yang perlu dipikirkan ketika memilih hosting. Hal-hal seperti: uptime (dan meminimalkan downtime), memiliki dukungan responsif, keamanan, dan cadangan. Semua ini adalah pertimbangan penting untuk kesehatan SEO situs Anda.
Singkatnya: pilih host yang konsisten baik.

5. Dapatkan Tautan dari Situs Lainnya (Relevan)

Tautan (atau backlink) adalah hyperlink HTML yang menunjuk dari satu situs ke situs lainnya. Ini adalah faktor penting untuk SEO.

Penelitian telah menunjukkan halaman dengan lebih banyak (atau lebih baik) backlink cenderung peringkat lebih tinggi daripada halaman dengan lebih sedikit backlink:
Tautan balik dan SEO
Backlinks dan SEO (Sumber gambar: Backlinko.com)

Mesin pencari menggunakan tautan:
  • Untuk menemukan halaman web baru.
  • Untuk membantu memutuskan bagaimana seharusnya peringkat halaman.
Mesin pencari menggunakan tautan ini untuk merayapi web. Mereka akan merayapi tautan pada halaman situs Anda yang menunjuk ke halaman lain di situs Anda (tautan internal) dan mereka akan merayapi tautan (backlink) yang menunjuk ke situs lain.

Anggap ini sebagai suara kepercayaan dari situs lain. Tetapi tidak semua tautan dibuat sama. Lebih baik memiliki beberapa tautan dari situs bagus yang relevan dengan Anda, daripada banyak tautan sampah dan tidak relevan hanya untuk kepentingan itu.

Pembuatan tautan adalah topik besar dalam SEO. Demi tidak keluar dari topik, berikut adalah beberapa taktik membangun tautan yang dapat Anda lakukan:
  • Blogging tamu - temukan situs di industri Anda, tulis posting untuk mereka dan tautkan kembali ke situs Anda.
  • Pembuatan tautan rusak - temukan halaman dengan 404 halaman, beri tahu webmaster dan minta mereka arahkan ke situs Anda (jika tautan / halaman pengganti Anda cocok dengan konten yang rusak).
  • Sebutan tidak tertaut - temukan di mana orang telah berbicara tentang Anda secara online tetapi tidak tertaut dengan Anda dan cukup minta tautan.
  • Curi dari pesaing Anda - temukan tautan yang dimiliki pesaing Anda ... dan curi mereka.
  • Pengulangan konten - ubah posting blog itu menjadi video dan sebaliknya.

6. Tulis Konten yang Orang Ingin Baca

Anda tidak dapat berbicara tentang apa pun yang berhubungan dengan SEO tanpa menyentuh pentingnya konten berkualitas tinggi.

Ungkapan 'konten adalah raja' telah dilakukan sampai mati, tetapi intinya penting: konten yang baik penting .

Tidak ada saus rahasia di sini, konten yang baik hanya konten yang ingin dibaca orang. Tentu, ada beberapa hal penting pemasaran konten yang perlu diingat seperti penganggaran, alat, dan promosi, tetapi Anda tidak dapat melepaskan diri dari memiliki konten yang ingin dibaca orang.

Tentunya, ada lebih dari sekadar itu?

Ya, begitu Anda tahu apa yang harus ditulis (terima kasih telah melakukan riset kata kunci mode kuno yang baik), ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan konten Anda untuk SEO:
  • Tingkatkan keterbacaan - sebagian besar orang membaca sepintas lalu konten di web, jadi pastikan untuk memecah konten Anda dengan subpos dan poin-poin untuk memastikan orang tidak takut dengan dinding teks yang besar.
  • Gunakan gambar - juga, sertakan visual seperti tangkapan layar, GIF, dan gambar untuk menyempurnakan konten Anda.
  • Pergi lebih dalam - konten yang lebih lama mungkin tidak selalu menjadi pilihan yang tepat, tetapi ketika datang ke panjang konten, artikel yang lebih panjang umumnya lebih mendalam sehingga akan peringkat lebih tinggi.
  • Gunakan fakta - jika Anda menyatakan fakta atau menggunakan statistik untuk menggambarkan suatu poin, tautkan ke studi yang mendukungnya.
  • Jangan lupa tentang cuplikan fitur - dengan hanya beberapa penyesuaian pada konten Anda, Anda bisa mendapatkan peningkatan lalu lintas jika Anda mendapatkan dalam cuplikan fitur.
Membuat konten yang selalu hijau adalah baik. Tetapi jika Anda gagal mengoptimalkannya, Anda bisa meninggalkan peringkat yang berharga di atas meja.

7. Optimalkan Halaman Anda (Untuk Lalu Lintas Organik)

Hanya memiliki konten di situs Anda tidak cukup. Anda perlu mengoptimalkannya agar muncul di Google untuk kata kunci yang diinginkan.

Setiap halaman harus memiliki "kata kunci fokus" yang dioptimalkan untuknya. Ini tidak berarti itu hanya dapat peringkat untuk itu, pada kenyataannya, sebuah halaman dapat peringkat untuk banyak istilah. Tetapi untuk mempermudahnya, Anda ingin menyusun optimasi di halaman Anda di sekitar satu kata kunci.

Mari kita lihat beberapa elemen kunci dari optimasi:

Tag Judul

Judul tag adalah salah satu cara utama agar Google dapat memahami tentang halaman Anda. Anda ingin memastikan bahwa kata kunci utama yang ingin Anda peringkatkan ada di tag judul.

Juga harus ditunjukkan bahwa tag judul bukan judul yang Anda lihat di halaman. Ini sering merupakan tag H1 atau H2. Meskipun mereka bisa serupa atau mengandung kata kunci yang sama, mereka adalah dua elemen yang berbeda.

Jika Anda menggunakan Chrome sebagai browser, ada cara yang sangat mudah untuk melihat judul halaman dari halaman saat ini.

Arahkan kursor ke tab dan kotak abu-abu kecil akan muncul untuk halaman itu:
Judul halaman vs H1 di Chrome
Judul halaman vs H1 di Chrome

Ingatlah selalu saat menulis tag judul Anda. Apa yang akan ditampilkan Google bervariasi, tetapi aturan yang baik untuk dituju adalah 55-60 karakter atau 600 piksel.

(Pssst! Anda dapat menggunakan alat pratinjau SERP yang berguna ini untuk memastikan tag judul Anda tidak terlalu panjang.)

Anda ingin mendapatkan kata kunci utama dalam judul, tetapi dengan cara alami. Tag judul Anda sering kali menjadi hal pertama yang dilihat orang di halaman hasil pencarian kata kunci. Jadi buat kesan yang baik dan buat mereka ingin mengklik dan membaca lebih banyak di situs Anda.

Deskripsi meta

Jika tag judul adalah judul halaman Anda, deskripsi meta adalah ringkasan satu baris yang menarik orang untuk membaca.

Deskripsi meta adalah elemen HTML lain yang tidak dapat dilihat di halaman Anda yang sebenarnya. Berikut ini satu contoh di alam liar:
Deskripsi meta di SERPs
Deskripsi meta di SERPs

Terkadang, Google memilih untuk tidak menampilkan deskripsi meta Anda dan akan menghasilkannya sendiri untuk Anda. Tapi itu tidak berarti Anda tidak perlu repot menulisnya.

Menulis deskripsi meta yang baik dapat membantu Anda membuat orang mengklik dan benar-benar mengunjungi situs web Anda. Ingat: tampil di SERP hanyalah langkah pertama. Anda masih perlu meminta mereka untuk mengunjungi situs Anda.

URL

Ketika berbicara tentang SEO, ada dua hal utama yang perlu diingat dengan URL:
  • Peringkat - URL adalah faktor peringkat kecil. Jadi, idealnya, Anda ingin memasukkan kata kunci utama yang ingin Anda peringkatkan dalam URL.
  • Pengalaman pengguna - URL yang baik harus mudah dipahami untuk mesin pencari dan orang sungguhan. Pertimbangkan ini: dapatkah Anda memberi tahu tentang apa kira-kira halaman itu hanya dengan URL saja?
Struktur URL untuk SEO
Struktur URL untuk SEO

Hanya dengan melihat URL ini, kita bisa tahu halaman ini mungkin tentang sepatu skate pria.

Sekarang apa? (Ringkasan)

Nah, sekarang Anda tahu apa artinya SEO, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana Anda bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan situs web Anda.

Mari kita cepat menjalankan apa yang perlu Anda lakukan untuk memberi peringkat situs Anda:
  • Gunakan CMS ramah mesin pencari (seperti WordPress).
  • Pastikan situs Anda berfungsi di seluler (alias desain responsif).
  • Dapatkan sertifikat SSL.
  • Pastikan Anda memiliki hosting yang cepat dan andal.
  • Dapatkan tautan dari situs lain (relevan).
  • Tulis konten yang ingin dibaca orang.
  • Optimalkan halaman Anda (untuk lalu lintas organik).
Sekarang yang harus dilakukan hanyalah mengoptimalkan situs Anda. Membuat Google mengirimkan lalu lintas kepada Anda adalah proses yang berkelanjutan, bukan hal yang hanya dilakukan sekali saja.

SEO adalah maraton, bukan lari cepat.

Jika Anda menikmati artikel ini, maka Anda akan menyukai platform hosting WordPress maka dari itu saya merekomendasikan Hosting Tercepat dan Full suport saat ini. Turbocharge situs web Anda akan mendapatkan dukungan 24/7 dari tim Hosting iniInfrastruktur bertenaga Google Cloudnya berfokus pada penskalaan otomatis, kinerja, dan keamanan. Mari kita tunjukkan perbedaan Hosting ini dengan yang lain Klik Dsini

Terima kasih telah membaca artikel kami 7 Tips Untuk Pemula Dalam Meningkatkan Rank Situs Dan Mengoptimasi Seo BlogSilakan bagikan dengan baik.

You may like these posts