VPS Windows vs Linux VPS: Apa Perbedaannya?

VPS Windows vs Linux VPS: Apa Perbedaannya?

VPS Windows vs Linux VPS: Apa Perbedaannya?
VPS (Virtual Private Server) adalah Mesin Virtual (VM) yang menjalankan sendiri salinan sistem operasi yang bertempat di komputer fisik. Itu dijual sebagai layanan oleh penyedia layanan hosting internet. Ini beroperasi secara independen dari ruang virtual lain yang ada di mesin yang sama. Hosting VPS adalah pilihan yang lebih disukai bagi orang-orang yang ingin meningkatkan dari paket hosting bersama karena kebutuhan akan lebih banyak sumber daya dan kontrol atas situs web mereka.

VPS menjembatani kesenjangan di antara solusi shared hosting dan dedicated hosting. Ini dapat dengan tepat diklasifikasikan sebagai hibrida antara keduanya. Contohnya, seperti VPS yang di pakai di apartemen yang berlayanan di mana pengguna memiliki lebih banyak kontrol dan kebebasan atas ruang hidup mereka tanpa harus takut dan khawatir tentang pemeliharaan dan pemeliharaan kondominium. Dengan hosting VPS seperti ini, pengguna memiliki opsi untuk mengatur situs web mereka dengan OS Windows atau Linux.

Fitur VPS
Skalabilitas

Skalabilitas mengacu pada kemampuan untuk menangani beban kerja yang cepat dan meningkat di server, biasanya dengan memanfaatkan sumber daya sistem yang berlebihan. Sistem scalable lebih disukai dalam pengaturan bisnis karena lonjakan lalu lintas web yang tiba-tiba yang dapat diperiksa dengan hosting VPS. Jika bisnis Anda mengikuti pendekatan hiper-pertumbuhan atau perlu mengelola beban kerja yang semakin besar, hosting VPS akan memastikannya dapat berkembang.

Sumber Daya Khusus -

Hosting VPS memberi pengguna alokasi sumber daya khusus dan fleksibilitas untuk memilih ruang disk, penyimpanan, transfer data, kecepatan pemrosesan, dan RAM.

Akses root

Salah satu fitur paling menonjol dari hosting VPS adalah menyediakan akses root yang memberikan pengguna kemampuan untuk menjalankan berbagai sistem operasi, menginstal aplikasi dan layanan.

Kustomisasi

Server VPS memiliki sistem operasi sendiri yang memungkinkan pengguna menginstal aplikasi server yang berbeda seperti MySQL, Apache, dan PHP.

Saat menjelajahi semua paket hosting termasuk paket VPS, pengguna akan bertemu dua opsi untuk sistem operasi yaitu. 

Windows dan Linux. Seperti yang kami katakan, memilih OS yang tepat adalah pilihan paling signifikan ketika membeli paket hosting VPS karena akan mencerminkan pada jenis lingkungan yang akan Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi.
Hosting VPS harus memberikan keamanan yang baik, kompatibilitas, dan harga yang wajar, di antara parameter lainnya
Inilah perbedaan Windows VPS Hosting dan Linux menurut beberapa parameter:

Performa

Linux VPS Hosting : Linux kurang haus sumber daya dan tidak meminta reboot secara teratur ketika bebannya tinggi. Linux dirancang khusus untuk digunakan dengan SSH dan manajemen VPS dilakukan melalui command line.

Windows VPS Hosting:  Windows harus di-boot ulang setelah setiap perbaikan kecil, pembaruan driver atau perangkat lunak, karena menggunakan GUI (Graphical User Interface), ini dapat menjadi sumber daya yang lapar jika tidak dioptimalkan dengan benar.

Keamanan
Server Linux dianggap lebih aman karena hanya administrator yang memiliki hak mengedit dan keamanan; Namun, itu juga tergantung pada pengaturan dan kekaguman sistem hosting daripada OS.

Server Windows juga aman; Namun, itu harus memiliki pengaturan yang tepat.

Kesesuaian
Linux sangat ideal untuk perangkat lunak open source seperti PHP / Perl, ROR, Java, Python, SSH, CGI, FrontPage Extensions.

Windows , di sisi lain, sangat cocok untuk aplikasi spesifik Windows seperti ASP Classic, ASP.net, MySQL, C #, Pengembangan VB, MS Access.

Akses Server
Linux VPS Hosting  Akses FTP ke file dapat diakses di Linux dan Windows. Namun, akses telnet atau SSH adalah asli ke Linux.

Sebaliknya, Windows , diberikan akses FTP. Namun, tidak ada akses SSH yang disediakan untuk Windows hosting.

Panel kendali
cPanel atau WHM (Web Host Manager) digunakan di Linux.

Plesk digunakan pada Windows VPS, yang memiliki antarmuka yang ramah pengguna.

Dukung
Linux VPS Hosting memiliki dukungan komunitas open source; Namun, keandalan dukungan menjadi perhatian.

Windows VPS Hosting didukung oleh tim dukungan TI dari Microsoft.

Kemudahan penggunaan
Linux mudah digunakan karena memiliki cPanel (alat manajemen hosting yang populer), Linux juga membantu dalam mengelola pengguna FTP dan SSH.

Windows memiliki GUI yang intuitif (Graphical User Interface).

Biaya
Karena Linux adalah platform open source, biaya VPS Linux secara signifikan lebih rendah.

Windows adalah perangkat lunak berpemilik yang dimiliki oleh Microsoft, sehingga pengguna harus membayar biaya lisensi yang biasanya termasuk dalam harga VPS.

Memilih sistem operasi untuk hosting VPS Anda akan memengaruhi cara Anda mengelola VPS, alur kerja, dan biaya yang terlibat. Setiap sistem operasi memiliki pro dan kontra sendiri yang bergantung pada bagaimana Anda mendekati VPS. Saat mencari penyedia hosting VPS, pilih antara hosting VPS Windows dan Linux dengan bijak. Jika aplikasi Anda berjalan pada PERL, Python atau Ruby, maka Linux harus menjadi pilihan yang lebih disukai.

Namun, jika pengembang Anda bekerja di ASP.net Atau PHP, maka Windows adalah cara untuk melakukannya. VPS cocok untuk pengguna yang membutuhkan independensi dan kontrol atas server. Antara Windows dan Linux, semuanya tergantung pada preferensi karena keduanya adalah platform yang kuat, dan itu tergantung pada kebutuhan individu, lingkungan perangkat lunak yang disukai dan anggaran.

Tip yang sangat penting, tidak ada gunanya memiliki server yang hebat jika Anda tidak berinvestasi dalam strategi SEO yang baik untuk meningkatkan treffict dan menambahkan pengembangan yang baik ke situs web Anda.

You may like these posts